Prediksi Barcelona vs Villarreal: Badai Cedera Bukan Kendala

Jakarta: Barcelona berpeluang besar kembali meraih kemenangan lewat pekan ke-14 La Liga 2018–2019, Senin 3 Desember dini hari WIB. Sebab, Villarreal yang menjadi tamu mereka saat itu tergolong tim papan bawah.

Ketimpangan kekuatan sudah terlihat lewat pencapaian kedua tim pada awal musim ini. Barca bisa bertengger di urutan dua klasemen sementara, sedangkan Villarreal malah makin terpuruk di posisi 17.

Rekor pertemuan kedua tim juga masih didominasi oleh kemenangan Barca. Terhitung dari delapan pertandingan terakhir di Stadion Camp Nou, Villarreal selalu kalah. Terakhir kali mereka mengalahkan Barca terjadi pada 2008 silam.

Klik: Jelang London Derby, Emery Puji Karier Pochettino

Motivasi para pemain Barca juga sedang meningkat untuk menjamu Yellow Submarine–julukan Villarreal. Pasalnya, mereka baru menaklukkan PSV Eindhoven di ajang Liga Champions pada beberapa hari lalu.  

Selain itu, Barca bisa kembali ke puncak klasemen apabila setidaknya bermain imbang dengan Villarreal. Saat ini, Barcelona hanya berselisih satu poin saja dengan Sevilla yang berada di atas. Tapi jika kalah dari Villarreal, terdapat tiga tim yang siap menggeser Barca.

Villarreal juga diprediksi bakal berjuang habis-habisan untuk mencuri poin lantaran hanya berselisih tiga poin dengan Atletico Bilbao yang berada di zona merah teratas. Mereka bisa saja menggantikan posisi itu apabila kalah dari Barca.

Klik: Arthur Absen Bela Barcelona Kontra Villareal

Meski Barca di atas angin, Villarreal bisa sedikit diuntungkan lewat kondisi kebugaran para pemain. Sebab, Barcelona sedang kehilangan delapan pemainnya karena cedera,a tak terkecuali Luis Suarez dan Rafinha. Di sisi lain, hanya ada dua pemain Villarreal yang absen.

Ernesto Valverde sebagai pelatih Barcelona tidak kehabisan akal untuk menghadapi badai cedera yang  melanda timnya. Barca diyakini tetap kuat karena para pemain pelapisnya pun tidak kalah hebat dengan pemain utama.

Bek kanan yang biasanya diisi Sergi Roberto bakal ditempati Nelson Semedo. Kemudian, Suarez sebagai ujung tombak akan digantikan pemain muda Ousmane Dembele. Dia akan dibantu Lionel Messi dan Phillippe Coutinho sebagai lini serang Barca.

Barcelona wajib mewaspadai gelandang serang Samuel Chukwueze dan striker Gerard Moreno. Lewat permainan keduanya, Villarreal bisa mengoleksi lima gol dalam beberapa laga belakangan ini. Selain itu, keduanya juga pandai mengacak-acak lini pertahanan lawan.

Kendati demikian, kontribusi Chukwueze dan Moreno tetap saja masih kalah jauh dengan para penyerang Barca seperti Messi dan Dembele. Lewat dua pemain itu saja, sudah 14 gol yang tercipta di ajang La Liga musim ini.

Perkiraaan Susunan Pemain
Barcelona (4-3-3): Stegen; Alba, Umtiti, Pique, Semedo; Arthur, Busquet, Rakitic; Coutinho, Messi, Dembele.
Villarreal: (4-3-1-2): Asenjo; Gaspar, Ruiz, Gonzales, Costa; Cazorla, Caseres, Trigueros; Fornals; Moreno, Chukwueze.
 
Pemain Absen
Barcelona: Vermaelen, Sergi Samper, Rafinha, Jasper Cilessen, Sergi Roberto, Suarez, Umtiti, Arthur
Villarreal: Soriano, Fuego
 
Head to Head
Kamis (10/05/18): Barcelona 5 – 1 Villarreal          
Senin (11/12/17): Villarreal 0 – 2 Barcelona           
Sabtu (06/05/17): Barcelona 4 – 1 Villarreal           
Senin (09/01/17): Villarreal 1 – 1 Barcelona           
Minggu (20/03/16): Villarreal 2 – 2 Barcelona
 
Prediksi Medcom.id: Barcelona 70 – 30 Villarreal

(KAU)